Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkuman Materi Menggambar Model Kelas 8

Berikut postingan ini adalah rangkuman materi menggambar model kelas 8 SMP/MTs. Dalam materi ini dijelaskan tentang unsur-unsur menggambar model, prinsip menggambar model, alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar model, teknik dan prosedeur menggambar model. Untuk lebih jelasnya tentang materi menggambar model ini silahkan simak uraian di bawah ini.
Gambar model

A. Pengertian Gambar Model

Model merupakan sebuah objek yang akan menjadi Inspirasi dalam menggambar karya seni. Menggambar merupakan proses pengungkapan gagasan seseorang melalui bahasa gambar. Menggambar model merupakan kegiatan menggambar yang diawali dengan menentukan objek model yang akan digambar. Objek gambar mode: capat berupa benda hidup sepertl hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, dan kumpulan benda-benda matl yang disusun sesuai dengan komposisi. proporsi, keseimbangan, dan irama yang baik sehl m gga gambar mernitik! satu kesatuan yang utuh. Gambar model yang akan dipelajari ialah objek alam benda vang biasa disebut gambar bentuk.

Objek gambar aam benda memjliki struktur bentuk dan bidang dasar yang berbeda-beda antara yang satu dengan fałnnya Bentuk-bentuk tersebut antara Iain seperti bola, kubus, bujur sangkar. kerucut, dan tabung Struktur bidang gambar modet (alam benda) dapat berupa bidang datar, melingkar, maupun mengerucut Struktur bentuk dan bidang tersebut memiliki kesan yang tidak sama apabita terkena sinar Model alam benda yang terkena sinar akan menghasilkan bayangan dengan intensitas cahaya yang berbeda-beda Efek bayangan yang ditimbulkan dari pencahayaan memberikan kesan ruang pada model sehingga gambar tampak seperti gambar tiga dimensi.

B. Unsur-Unsur Menggambar Model

Menggambar model membutuhkan kemampuan dalam menggunakan unsur-unsur rupa seperti garis, bentuk, bidang: tekstur, gelap terang (pencahayaan). Unsur-unsur rupa tersebut antara Iain

1. Garis

Garis terbentuk melalui goresan atau tarikan dari titik yang satu ke titik yang Iain. Bermacam bentuk garis, yaitu garis Iurus, garis lengkung, garis putus-putus, garis tak beraturan, dan IainIain. Setiap garis tersebut dapat menimbulkan kesan yang beragam yang dinamakan sifat garis Misalnya, garis lurus dapat mengesankan kaku, tegas, keras.

2. Bidang

Bidang berupa permukaan yang datar. Suatu garis yang dipertemukan ujung pangkalnya akan membentuk bidang, baik bidang geometrik maupun bidang organik. Bidang juga mempunyai sifat yang beragam sesuai bentuknya.

3. Bentuk

Bentuk terjadi melalui penggabungan unsur bidang. Misalnya, sebuah kotak terwujud dari empat sisi bidang yang disatukan.

4. Warna

Ada tiga jenłs /varna dasar, yaitu merah, kunłng, dan biru. Dari ketiga warna tersebut, dapat diperoieh berbagai jenłs warna metalui proses pencampuran_ Warna dapat memberikan kesan tertentu Ada warna muda dan warna tua, warna terang dan warna gelap, serta warna redup dan cerah Warna ge;ap cenderung memberi kesan berat, sebaliknya warna terang dapat memberi kesan ringan

5. Tekstur

Tekstur adalah permukaan suatu benda, ada yang halus ada yang kaser Tekstur kasar misalnya terdapat pada batang kayu, daun, dan batu- Tekstur halus. młsalnya kaca plastik, dan kertas Dalam penggamberan bentuk benda, tekstur bisa mengesankan bobot ringan dan berat.

6. Nada Gelap- Terang

Benda yang tertłmpa cahaya (secara langsung atau tidak langsung ada sisi yang gelap dan ada sisi yang terang Penggambaran bentuk benda yang baik, salah satunya ditentukan Oleh kelihaian menentukan słsi gelap dan sisi terang secara tepat.

7. Ruang     

Dalam seni bangunan, ruang terbentuk atas dua atau beberapa dinding yang bergarak. Ruang juga bisa berupa rongga yang terdapat dalam seni patung. Ruang di alam nyata dinamakan ruang nyata. Ruang yang diwujudkan dalam gambar dinamakan ruang khayalan (imajłnerj Kesan ruang tersebut dapat diperoleh dengan menggunakan perspektif gelap terang dan warna

C. Prinsip Menggambar Model 

Beberapa prinsip yang harus diperhatikan dalam menggambar model adatah komposisi, proporsi, keseimbangan, dan kesatuan

1. Komposisi

Komposisi merupakan cara kita menyusun dan mengatur objek gamca r ;ang d!gunakan sebagai model gambar sehingga hasil gambar tampak menarik dan indah. Komposisi dapat dibuat melalui bentuk objek gambar, warna objek gambar, Jenis objek gambar latar belakang gambar.
Beberapa contoh bentuk komposłsi dapat dilihat pada pola yang disusun berikut ini. 

a) Komposisi Simetris

Benda atau model yang menjadi objek gambar dliete«a- caaa cossi seimbang antara sebelah kiri dan sebelah kanannya dan memiliki kesamaan sama bentuk dan ukurannya

a) Komposisi Asimetris

Pada posisi asimetris, benda diletakkan dalam posisi tidak sama baik dalam posisi maupun ukurannya namun demikian masih tetap memperlihatkan proporsi, keseimbangan, dan kesatuan antarbenda atau objek gambar.

2. Proporsi

Proporsi adalah perbandingan yang ideal dan harmonts antara bagian-bagian benda yang menjadi objek model gambar yang dapat diamati

3. Keseimbangan

Keseimbangan adalah keselarasan antara bidang gambar, objek gambar, dan gambar yang dihasilkan. Kesambangan hasil gambar model dapat diperoleh dengan cara membuat skala memberi efek perspektif pada objek gambar dan sudut pandang penggambar.

4. Kesatuan

Kesatuan adalah keserasian dalam pengaturan objek gambar sehingga benda-benda yang diatur satu sama Iain memiliki kesan ruang, kedalaman, dan antarobjek gambar saling mendukung sehingga akan menghasilkan gambar yang baik.

D. Alat dan Bahan Menggambar Model

a. Pensil

Pilihlah yang berukuran 2H-H (keras), HB (medium), dan B- 2B (lunak). Gunakan peraut pensil untuk memperuncing ujung pensil

b. Penghapus

Pilihlah penghapus yang lunak dan tentur untuk membersihkan garis-garis pensil tanpa merusak kertas

c. Kertas

Kertas gambar harus sesuai dengan kebutuhan, jangan terlalu tipis, dan usahakan yang memiliki tekstur. Jenis kertas berukuran standar (A3. A4, kwarto). Untuk latihan gunakan kertas buram

d. Pensil warna

Penggunaan pensil warna dapat dilakukan dengan cara mengarsir atau memblok warna Tekanan pada penggunan pensii sangat memengaruhi ketajaman warna

e. Krayon

Bahan krayon terdiri atas dua macam, yaitu bahan berbasisi kapur dan minyak (lifin).

f. Cat air

Bentuk cat air terdiri atas bentuk tube dan batangan. Pada bentuk tube menggunakan palet sedangkan pada bentuk batangan dapat langsung digunakan kemasannya

E.Teknik Menggambar Model

Tahapan-tahapan dalam menggambar model alam benda adalah
  • a. Pengamatan
  • b. Sketsa
  • c. Menentukan gelap terang, d Menentukan teknik
  • e. Sentuhan akhir.
Teknik yang digunakan ialah:

a. Teknik Arsir

Teknik arsir dibuat dengan cara menorehkan pensil, spidol. tinta atau alat lan berupa garis-garıs berulang yang menimbulkan kesan gelap-terang, gradasi, atau kesan dımensı

b. Teknik Sapuan Basah (aquarel)

Teknik sapuan basah dapat menggunakan bahan dengan campuran air di atas kertas, kain, atau bıdang lain Bila menggunakan bidang gambar berupa kertas maka dapat menggunakan cat aır,

c.Teknik Düşsel (Gosok)

Teknik düşsel adalah teknik menggambar dengan cara menggosok sehingga menimbulkan kesan gelap-terang atau tebal-tipis. Alat yang bisa digunakan antara lain pensil, krayon, dan konte.

d. Teknik Siluet (Blok)

Teknik siluet adalah teknik menutup objek gambar dengan menggunakan satu warna sehingga menimbulkan kesan siluet (blok).

e. Teknik Pointifis

Teknik pointilis adalah cara atau teknik menggambar dengan menggunakan titik-titik hingga membentuk suatu objek

F. Prosedur Menggambar Model

Adapun prosedur dalam menggambar model antara lain.
  1. Sıapkan model yang akan digambar 
  2. Siapkan papan atau mep gambar.
  3. cAturlah sudut pandang kita, jangan terlalu jauh agar kita dapat mengamati model yang akan kita gambar dengan lebih Flas 
  4. Buatlah sketsa gambar model.
  5. Berilah batas gelap terangnya 
  6. Selesaikan gambar model dengan teknik-teknik menggambar model.
Demikian uraian rangkuman materi menggambar model kelas 8, semoga bermanfaat dan terima kasih atas kunjungan anda.

Post a Comment for "Rangkuman Materi Menggambar Model Kelas 8"